The 11th IMT-GT Strategic Planning Meeting (SPM): Dorong Pencapaian Visi 2036, Tiga Negara Anggota IMT-GT Menyusun Perencanaan Strategis 2018

Bengkulu, 20 Feb 2018.  Pertemuan Strategic Planning Meeting (SPM) Kerja Sama Ekonomi Sub Regional Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Trianlge (IMT-GT) akan berlangsung tanggal 20-23 Februari 2018 di Bengkulu, Indonesia. Pertemuan diawali dengan pertemuan tingkat Sekretariat Nasional (Seknas) yang dipimpin oleh Asdep Kerja Sama Ekonomi Regional Sub Regional Kemenko Perekonomian, Netty Muharni, selaku Ketua Seknas BIMP-EAGA tahun 2018.

“Setelah kita sukses menyelenggarakan Pertemuan Tingkat Menteri IMT-GT ke-23 pada September 2017 di Bangka Belitung, maka saat ini adalah momen yang penting untuk menyusun perencanaan strategis sebagai tindak lanjut arahan para menteri”, ucap Netty Muharni.  Paling tidak ada empat hal penting yang perlu kita tindak lanjuti yaitu: “kerangka kerja pengembangan pariwisata, pengembangan kerja sama antar universitas, pengembangan kota berkelanjutan, dan reviu perjanjian penerbangan udara antar tiga negara” tegas Netty lebih lanjut.

Pertemuan SPM 2018 ini juga merupakan momentum yang penting karena “sebagai persiapan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) IMT-GT ke-11 yang direncanakan akan dilaksanakan akhir April 2018 mendatang.  Kita akan laporkan kepada para Kepala Negara apa yang telah dicapai setelah 1 tahun sejak disepakatinya Vision 2036” tambah Netty.  “Dalam pertemuan SPM ini juga diharapkan akan diperoleh kesepakatan perencanaan strategis tahun 2018 dalam mendukung pencapaian Visi 2036” pungkas Netty.

Lebih dari 240 delegasi dari negara anggota IMT-GT yaitu Indonesia, Malaysia dan Thailand hadir dalam pertemuan tersebut. Delegasi Indonesia terdiri dari perwakilan masing-masing kementerian/lembaga yang menjadi penanggung jawab dari kelompok kerja termasuk perwakilan dari pemerintah daerah dan pengusaha (Kamar Dagang dan Industri).